Langsung ke konten utama

SURAT CINTA UNTUK INDONESIA


Untuk Indonesiaku.
Di bawah langit Khatulistiwa.
            Halo Indonesiaku ?. Bagaimana kabarmu ?. Aku mendengar bahwa kau sedang tidak baik-baik saja, benarkah itu?. Aku harap tidak Indonesia, kau masih aku lihat berdiri kokoh dengan kecantikanmu. Indonesia, di surat ini perkenankanlah aku untuk mencurahkan bagaimana isi hatiku selama ini tentang mu, juga ini adalah bentuk terimakasih pada mu dan aku memahami bahwa ini tidaklah cukup membalas semua yang kau berikan padaku.
            Saat membuka peta dunia, aku melihat bahwa terdapat ratusan negara dan jutaan pulau, tapi kau memilihku untuk hidup dan bersujud ditanahmu. Aku bersyukur, dapat berdiri ditanahmu. Dibawah langit khatulistiwa dan diatas samudera kau berada. Itu adalah sebuah keunggulan yang kaumiliki. Tanahmu subur, airmu selalu mengalir, dan sumber daya alammu melimpah. Keelokan alammu telah terdengar luas diseluruh penjuru dunia. Kau memang layak disebut Zamrud Khatulistiwa.
            Ternyata ditanahmu, kau izinkan juga banyak suku , agama, dan bahasa yang berbeda. Dengan cintamu kau dapat menjaga kerukunan dari kebhinekaan itu. Bertahun-tahun kau jaga kebersaman dalam perbedaan itu. Kau telah membuat iri bangsa lain dengan kerukunan yang kaubuat, Indonesia. Bahkan, kau dapat menjadi tauladan bagi bangsa lain dan mereka ingin mengetahui bagaimana hal itu dapat kau lakukan.
            Sejarahmu dikisahkan bahwa kau dahulu memang sudah menjadi bangsa yang besar. Kerajaan-kerajaan besar yang dulu kau izinkan untuk berkuasa ditanahmu banyak yang memiliki kekuasaan yang besar. Hingga karena kekayaan dan keindahanmu, kau mengundang orang-orang asing untuk menjajahimu dan mengambil kekayaanmu. Beratus-ratus tahun mereka menginjakkan kakinya ditanahmu. Darah sudah sering kali memerahkan tanahmu kala itu. Namun, aku tidak melihat kau bersedih. Kau malah tetap berdiri kokoh dengan orang-orang yang memperjuangkanmu untuk merdeka. Pada akhirnya kau dapat merdeka di tengah abad ke-20, Indonesia. Aku tau bahwa rasa cintaku kepadamu tidak ada nilainya seperti para pejuangmu yang dulu rela mati demi kau. Hanya dengan janji ku bertekad selamanya aku akan mencintaimu, Indonesia.
            Di usiamu yang sudah lebih dari separuh abad ini, banyak yang mengetahui bahwa kau sedang tidak baik-baik saja. Beredar kabar bahwa banyak penguasa yang telah kau ijinkan hidup di tanahmu, kini tak lagi mencintaimu sepenuhnya. Mereka sedikit-demi sedikit menguras kekayaanmu. Bahkan juga ada yang tega untuk menjual hasil alammu demi memenuhi kepuasan duniawi mereka. Kebhinekaanmu kini juga sering dijadikan kambing hitam yang perlahan ingin menghancurkan kerukunan yang kau jaga. Namun tenanglah, masih ada aku dan banyak jiwa yang akan menjadi tamengmu. Karena masih ada sayap-sayap sang garuda yang akan menerbangkanmu dan selalu setia mecintaimu, meski tanahmu penuh gejolak yang tidak ada habisnya. Aku masih percaya, meskipun kau kini sedang tidak baik-baik saja, namun kau tetap bangsa yang kokoh, kuat, indah dan patut untuk kucintai.
            Tidak ada kata lagi selain terimakasih padamu Indonesia. Terimakasih kau telah memberikan tanahmu untuk tempatku bersujud, tempatku memanjatkan doa, dan tempatku hidup selamanya. Meskipun suatu saat nanti mataku melihat dunia, namun izinkanlah kakiku untuk selalu memijak tanahmu. Biarkanlah jiwa, raga, darah dan hatiku untuk memilikimu seutuhnya. Masih banyak yang mencitaimu selamanya, sama sepertiku kini. Aku hanya bisa mencintaimu hanya dengan berkarya untuk keabadianmu. Aku akan menyerukan namamu dan menceritakan kecantikanmu kepada semuanya. Karya dan baktiku akan selamanya aku tujukan hanya untukmu. Sebab, ditanahmu adalah tempat aku memulai dan mengakhiri hidup, hingga bersatu dengan tanahmu nanti. Aku adalah kau, Indonesia. Selamanya kau adalah negeri yang kucintai. Terimakasih Indonesia.

Diatas Samudera,
Patahan sayap garudamu.

            

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

JEJAK KULINER NUSANTARA JAWA TIMUR

makanansehat.biz                    Indonesia sebagai bangsa yang besar memiliki perjalanan sejarah yang panjang. Perjalanan sejarah Indonesia sudah barang tentu tidak dapat dilepaskan dari pengaruh bangsa-bangsa luar. Pengaruh itu meliputi keragaman dari banyak hal seperti halnya sistem pemerintahan, sistem sosial kemasyarakatan, sistem perekonomian, teknologi dan sebagainya. Namun juga terdapat suatu hal yang maenarik yaitu dengan adanya pengaruh dari pihak luar budaya tradisional bangsa Indonesia tidak tergantikan. Seperti halnya adat istiadat, norma, bahkan pada keragaman jenis makanan. Makanan sebagai suatu hasil dari kebudayaan manusia pertama-tama memiliki peran sebagai alat pemenuhan kebutuhan primer. Tidak hanya itu peran makanan dalam kehidupan manusia bahkan sampai pada ranah untuk kegunaan religuisitas. Hal itu tercermin dari kebudayaan Jawa yang banyak melakukan ritual-ritual adat dan makananpun menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan [1] . Keberadaan makanan tra

PERKEMBANGAN FOLKLORE DI INDONESIA

www.folkloretravel.com Kebudayaan yang kini berkembang di masyarakat merupakan hasil pewarisan dari kebudayaan luhur terdahulu. Melalui banyak metode/cara tradisi masyarakat dapat tersalurkan dan terwarisi oleh generasi selanjutnya. Kebudayaan sendiri merupakan keseluruhan system, gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka menghidupi kehidupannya serta dijadikan sarana untuk belajar. Wujud dari kebudayaan itu antara lain ide/gagasan/norma/aturan/nilai yang kesemua itu menghasilkan wujud benda/fisik budaya. Kebudayaan hanya dapat berkembang di dalam masyarakat. Hal itu jelas bahwa tanpa adanya subyek yakni masyarakat tentu budaya tidak akan pernah ada dan berkembang. Di saat kebudayaan ini berkembang tentu menjumpai adanya budaya baru dari luar budaya induknya. Hal tersebut dapat menjadi salah satu kekuatan untuk mengakulturasi atau terjadinya proses percampuran budaya atau malah menjadi salah satu faktor untuk degradasi budaya (penurunan budaya). Folklore me

KOMIK STRIP TENTANG KERUSAKAN LINGKUNGAN